Wednesday, April 22, 2015

7 tips sederhana memilih template blog

Template merupakan salah satu komponen blog yang sangat penting. Memiliki template ringan, Seo friendly, menarik dan navigasi yang jelas tentu menjadi keinginan semua blogger. Ibarat baju, temlate menjadi daya tarik utama blog itu sendiri sebelum pengunjung melihat lebih jauh isi dari blog tersebut. Template sebenarnya bukan lah faktor utama penentu banyak atau tidaknya pengunjung blog kita, tapi jika kita bisa memilih template yang baik maka tidak menutup kemungkinan jika SEO blog kita akan meningkat. Berikut beberapa tips memilih template yang baik untuk blog.

1. Responsive. Template responsive menjadi syarat yang wajib dipenuhi para blogger di tahun 2015 ini. Hal ini tidak mengherankan mengingat template yang responsive akan mempermudah Blog diakases dari banyak perangkat seperti smartphone dan teblet. Dalam hal ini Google memperingatkan bagi blog yang tidak menerapkan template multi perangkat akan sulit bersaing terutama di hasil pencarian versi mobile. So,,bagi sobat blogger yang ingin memilih template, pastikan template tersebut responsive.
gambar tips memilih template blog
Gambar: memilih template blog
2. Memiliki related post. Related post atau artikel terkait adalah widget yang dipasang pada bagian bawah postingan blog, di related post ini akan muncul daftar artikel terkait dengan postingan, biasanya artikel terkait yang muncul adalah artikel yang memiliki label sama dan memiliki keterkaitan yang erat dengan artikel yang kita baca. Related post ini menjadi sangat penting dalam template blog karena dengan adanya related post  bisa menambah pageviews blog (menurut pengalaman saya). Bagi yang bermain di Adsense Dengan meningkatnya pageviews blog akan menambah penghasilan, karena iklan lebih banyak dilihat oleh pengunjung.

3. Breadcrumbs. Menurut pengamat SEO breadcrumbs bisa berefek positif dengan SEO blog, hal ini dikeranakan breadcrumbs bisa mempermudah visitor untuk menavigasi blog kita. Tapi mengenai sejauh mana pengaruh breadcrumbs untuk SEO blog saya sendiri juga belum tau, tapi yang saya perhatikan juga di blog-blog orang barat breadcrumbs hampir selalau ada.

4. Vasilitas share social media. Bagi anda yang ingin meningkatkan SEO blog, jangan melupakan yang satu ini. Keberadaan Share button di blog akan memungkinkan pengunjung blog untuk membagikan artikel kita di sosial media, ini bisa menjadi penilaian tersendiri oleh Google karena artikel yang sering dishare dianggap sebagai artikel yang informatif.

5. Hindari template gelap. Maaf bagi yang memiliki template gelap, bukannya mengatakan template semacam ini buruk, tapi kebanyakan pengunjung termasuk saya sendiri kurang menyukai template denga warna dasar hitam atau gelap, jadi usahakan dalam memilih template blog anda menghindari template seperti ini.

6. Memilki banyak area widget. Dengan banyakanya area widget di template, maka akan mempermudah kita dalam memasang widget  atau iklan di blog. Contohnya di area header kanan logo blog, pastikan ada area widget dengan ukuran 728x90, di bawah menu navigasi dengan lebar seukuran wrapper penuh, dibagian footer ada dua widget panjang seukuran wrapper dan 3 widget yang berjejer di atasnya. Untuk sidebar biasanya setiap template sudah menyediakan, jadi tidak ada masalah di area ini.

7. Pilih template yang cepat. Template super cepat mungkin tidak akan mempengaruhi SEO blog secara signifikan, tapi jika template yang sangat lambat mungkin bisa sangat berpengaruh untuk SEO, terutama jika blog kita tergolong blog dengan pagerank rendah. Selain itu dengan template yang lelet maka pembaca pun juga bosan menunggu dan akhirnya kabur, kan sayang baru juga mau dapat pengunjung, gara-gara template yang lelet akhirnya lari pengunjung tersbut.

Nah demikian tadi 7 tips sederhana memilih template blog yang baik, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca. Selain ke 7 faktor tersebut tentunya masih banyak lagi yang harus dimiliki template blog, tapi setidaknya dalam memilih blog usahakan ke 7 poin tadi masuk.
Disqus Comments