Tuesday, June 2, 2015

contoh pendahuluan skripsi

contoh-skripsi
ilustrasi skripsi

Pendahuluan skripsi merupakan bagian awal dari penulisan karya Ilmiah atau skripsi, ada beberapa komponen dalam pendahuluan seperti latar belakang masalah, rumusan masalah dll. Sebenarnya beberapa perguruan tinggi mungkin berbeda dalam menentukan urutan atau komponen dalam pendahuluan ini termasuk mungkin juga dalam penyusunan skripsi, tetapi secara umum pendahulaun skripsi mengandung beberapa komponen berikut:

1. Latar belakang. Latar belakang yang dimaksud adalah latar belakang dari kenapa anda melakukan penelitian sesuai dengan judul skripsi anda. Latar belakang ini akan membahas fenomena yang berhubungan dengan judul skripsi.

2. Rumusan masalah. Rumusan masalah biasanya berupa pertanyaan yang nanti akan dijawab pada tujuan penelitian. Rumusan masalah ini harus sesuai dengan judul skripsi. Contoh: jika judul anda upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu penididkan agama Islam maka rumusan masalahnya adalah: apa upaya kepala sekolah adalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam?

3. Pembatasan masalah. Sesuai dengan namanya, pembatasan masalah adalah batasan dari penelitian yang anda lakukan. Batasan masalah ini bertujuan agar penelitian lebih fokus dan tidak kemana-mana. Contoh: penelitian ini hanya dilakukan pada kelas sekian dengan jumlah siswa sekian.

4. Tujuan penelitian. Tujuan penelitian merupakan jawaban dari rumusan masalah, jika rumusan masalahnya ada tiga maka tujuan penelitiannya juga harus tiga. Contoh: untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan mutu penididkan agama islam.

5. Kegunaan penelitian. Bagi beberapa orang ada yang bingung mengenai apa bedanya antara tujuan penelitian dan kegunaan penelitian, karena dari sisi bahasa hampir sama. Singkatnya kegunaan penelitian adalah apa manfaat anda melakukan penelitian, jika tujuan penelitian lebih berfokus pada rumusan masalah maka kegunaan penelitian lebih umum.

6. Penegasan istilah. Penegasan istilah merupakan penjelasan dari kata kunci judul anda. Contoh: Upaya adalah suatu ikhtiar atau usaha yang dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Kepala sekolah adalah guru yang diberikan tugas tambahan untuk memimpin sekolah dst.

Demikian tadi contoh pembuatan pendahuluan skripsi yang bisa saya bagi semoga bisa bermanfaat bagi anda.
Disqus Comments